Apa itu Bootloop?




Kalian pasti baru mengenal dengan yang satu ini? Atau sudah mengenal banget? Bagi yang senang ngoprek Android pastilah tau bangetlah sama si Bootloop ini, bener ga? Pasti bener dong..

Bagi yang belum tahu, tenang gaess..Kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai bootloop. 


Apa itu bootloop? Bootloop merupakan suatu kondisi ketika system android kita tidak bisa melakukan booting atau start-up sehingga tidak dapat masuk ke menu aplikasi utama.

Ada tiga jenis bootloop pada HH, yaitu : kesatu Bootloop ringan (ketika HH dinyalakan, HH dapat masuk ke Menu utama namun hang dan restart kembali), kedua Bootloop biasa (ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun masih bisa masuk menu recovery/CWM) dan yang ketiga Bootloop parah (ketika dinyalakan HH hanya mampu dan tertahan sampai di Logo Boot animations, namun tidak dapat meng akses menu recovery/CWM).


Tiap HH memiliki ketahanan system yang berbeda, ada yang kuat dan ada pula yang rentan terhadap bootloop. bootloop disebabkan karena kegagalan system, akibat setelah proses rooting kamu melakukan kesalahan. Kesalahan itu bisa bermacam macam, misalnya : merubah FONT HH dengan font atau aplikasi perubah FONT yang tidak cocok, merubah boot animations, merubah file system seperti systemUI - Launcher - Framework - Edit Permission - Edit Build.prop dll.


Apa yang harus di lakukan untuk mencegah bootloop ? pertama jangan melakukan ROOTING jika kamu belum terlatih dalam melakukan edit system.
yang kedua jika HH kamu tetep ngotot di rooting, maka langkah selanjutnya adalah memasang CWM, CWM ini obat gratis untuk menangkal Bootloop tanpa efek samping seperti hardbrick atau matot, yang ketiga lakukan backup data dan system via CWM, jika suatu saat HH kamu mengalami bootloop maka tinggal di restore file data hasil backup tadi dan yang keempat jangan sembarangan memasang CWM, pasanglah CWM yang sesuai dengan HH kamu.

Share this

Related Posts